Belajar Bahasa Pascal


Topik kali ini sengaja Saya tujukan teman-teman yang sedang ingin belajar bahasa pascal.

Kita lanjut aja ya guys..

1. MEMBUAT KEPUTUSAN

Kebanyakan program perlu membuat keputusan, dan ada beberapa pernyataan (statement) yang tersedia dalam bahasa Pascal. IF adalah salah satunya (artinya jika). OPERATOR RELASIONAL yang tercantum di bawah ini, memungkinkan programmer untuk menguji berbagai variabel terhadap variabel atau nilai lain.

Simbol:= Equal to
> Lebih besar dari
< Lebih kecil dari <> Tidak lebih kecil atau besar dari
>= Lebih besar sama dengan


Format bahasa pascal untuk pernyataan IF THEN yaitu,

if kondisi_adalah_benar then
eksekusi_program_ini_pernyataan;

Kondisi (yaitu, A <5) dievaluasi untuk melihat apakah itu benar. Bila kondisi benar, pernyataan program akan dieksekusi. Jika kondisi tidak benar, maka pernyataan program termasuk kata kunci akan diabaikan. Program IF_DEMO (input, output); {Cotoh pernyataan IF THEN} uses wincrt; var number, guess : integer; begin number := 2; writeln(‘Masukkan Keyword (1-10)’); readln( guess ); if number = guess then writeln(‘Keyword Anda Benar!’); if number <> guess then writeln(‘Maaf, Keyword Anda salah!’)
end.

IF THEN ELSE

Pernyataan IF juga dapat mencakup pernyataan ELSE, yang menentukan pernyataan (atau blok atau kelompok pernyataan) yang akan dijalankan ketika kondisi yang terkait dengan pernyataan IF adalah salah.

Contoh program menggunakan pernyataan IF THEN ELSE:

uses wincrt;
var number, guess : integer;
begin
number := 2;
writeln(‘Masukkan keyword (1-10)’);
readln( guess );
if number = guess then
writeln(‘Keyword Anda Benar!’)
else

nahh itu semua merupakan panduan dasar untuk belajar bahasa pemrograman pascal, demikian dan tunggu postingan saya selanjutnya mengenai pemograman
Dibuat oleh